(021) 757-912-78      meppo@bppt.go.id
 

LAYANAN JASA


 

Sebagai bentuk upaya dalam memenuhi permintaan pasar akan teknologi manufaktur yang original. BSN dan BPPT-PMI telah melakukan pengembangan RSNI 3 untuk pengujian produk CNC lathe machine tools dengan adsorbsi identik pada standar ISO 13041. BPPT-BT MEPPO juga telah menjadi laboratorium uji produk mesin perkakas berstandar ISO/IEC 17025-2 LP-804 IDN. Dengan produk mesin perkakas standar nasional diharapkan akan dapat melindungi daya saing produk dan menumbuhkan industri mesin perkakas.

Daun Biru Engineering bekerja sama dengan BPPT – PTIP & Balai Teknologi MEPPO dalam mengembangkan produk mesin perkakas CNC melalui payung hukum MOU antara BPPT dengan ASIMPI. Diharapkan dengan adanya program PPT Industri Permesinan, dapat mempercepat proses penguasaan desain, engineering dan manufaktur industri mesin perkakas nasional.

Adapun detail peran serta BT MEPPO dalam pengembangan mesin perkakas CNC adalah sebagai berikut:

  • BT MEPPO SEBAGAI LABORATORIUM UJI

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, BT MEPPO berperan menjadi laboratorium uji produk mesin perkakas berstandar ISO/IEC 17025-2 LP-804 IDN dalam pengembangan produk CNC lathe machine tools ini. Adapun beberapa langkah pengujian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pengujian gerak pemosisian

Pengujian gerak pemosisian sumbu Z dan X pada mesin perkakas dilakukan dengan mengukur nilai penyimpangan yang dihasilkan untuk setiap titik referensi. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan laser interferometer, dengan menggunakan metode yang sesuai dengan ISO 13041-4 (yang mengatur tentang standar penyajian pengujian akurasi dan kemampuan ulang gerak pemosisian linear) dan ISO 230-2 yang mengatur pelaksanaan pengujiannya. Hasil pengujian pemosisian yang diperoleh digunakan untuk melakukan kompensasi pada kontroler mesin.

 Pengujian gerak pemosisian 

2. Pengujian Geometri (ISO 13041-1 : 2004)

Dalam Pengujian ini, bidang yang diuji antara lain sebagai berikut:

  • Workhead spindle
  • Hubungan antara workhead spindle dengan gerakan linear
  • Penyimpangan angular gerakan linear
  • Performa tailstock
  • Performa turret dan spindle

Adapun alat pengujian yang digunakan adalah: Dial gauge,mandrel uji, penyiku (square), spirit levellaser interferometersurface plate.

 

3. Pengujian pemotongan atau Cutting test (ISO 13041-6:2009)

Bidang yang diuji adalah spesimen uji hasil pemotongan dari mesin CNC lathe. Di bawah ini adalah contoh pengujian untuk spesimen S50C dengan menggunakan alat mikrometer dan spesimen S45C menggunakan CMM(Coordinate Measurement Machine).

 

Proses pemotongan S50C dan pengujian hasil pemotongan dengan mikrometer

 
Proses pemotongan S45C dan pengujian hasil pemotongan menggunakan CMM

4. Pengujian Gerak Kontur (ISO 13041-7: 2004)

Sama seperti pengujian gerak pemosisian sumbu X dan Z, pengujian gerak kontur bertujuan untuk melakukan kompensasi pada kontroller mesin sesuai dengan hasil pengujian gerakan melingkar yang dapat diperoleh dengan menggunakan alat uji berupa Ballbar. Ballbar yang digunakan mengirimkan hasil pembacaannya melalui jaringan bluetooth kepada PC sehingga memudahkan dalam perolehan datanya.

  • BT MEPPO SELAKU LABORATORIUM DESAIN

Selain sebagai laboratorium uji, BT MEPPO juga berperan sebagai laboratorium desain untuk mesin CNC lathe. Salah satu pengembangan desain yang dilakukan ialah komponen spindle mesin CNC lathe. Yang dimana dalam hal ini BT MEPPO mengupayakan agar dapat terwujudnya desain spindle yang memiliki daya tahan yang kuat, seperti dari segi suhu ataupun getaran. Demi terwujudnya hal ini, BT MEPPO selalu mengupayakan proses pengujian, dimana komponen sumbu selalu diukur dimensinya saat melakukan pengujian untuk dilakukan proses pembandingan dan validasi antara proses desain dan hasil produksi.

 

Pengujian gerak putar spindle

 

Pengujian geometri dan frekuensi untuk komponen sumbu spindle

Hubungi Kami

 ALAMAT :
  Klaster Teknologi Produksi, Maritim dan Transportasi
Kawasan PUSPIPTEK
Tangerang Selatan,
Banten - 15314, Indonesia
 
 KANTOR :
  Lt.2, Gd. Teknologi 2 BPPT No. 251
 
 WORKSHOP / LAB :
  Gd. Balai Teknologi MEPPO-BPPT No. 250

Statistik Pengunjung

Hari ini2
Kemarin78
Minggu ini270
Bulan ini1100
Total79648