(021) 757 912 78      0812 1308 6708      meppo@bppt.go.id
 

LAYANAN JASA


Mesin bubut sebagai salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong sebuah benda kerja harus memiliki nilai akurasi yang tinggi. Mesin bubut yang handal mampu menjamin benda kerja yang dihasilkan memiliki nilai yang sama dengan nilai yang dimasukan dalam pemrograman.

Mengetahui kehandalan mesin bubut CNC salah satunya didapatkan melalui uji kehandalan dengan menggunakan Coordinate Measuring Machine atau biasa disebut CMM. Untuk memastikan standar mesin bubut CNC, Balai Teknologi MEPPO melakukan uji kehandalan.Pengujian awal dan akhir harus mencerminkan kekonsistensian data.

Selama melakukan pengujian di Laboratorium CNC Balai Teknologi MEPPO, Marsetiayu melakukan pengujian untuk masing -  masing sample hasil mesin bubut CNC tersebut sebanyak 3 kali. Hal ini sesuai dengan prosedur pelaksanaan pengujian yang harus dilakukan, karena Balai Teknologi MEPPO adalah lembaga uji sesuai dengan ISO 17025:2008.

Marsetiayu menjelaskan bahwa pengujian dilakukan selama 3 hari sampai dengan 12 Oktober dengan masing-masing sampel sebanyak 5 buah.

“data yang diambil dengan menggunakan CMM akan dibandingkan dengan nilai nominal diameter pada program, dan dihitung nilai penyimpangannya”, jelasnya.

Penggunaan CMM sebagai alat ukur uji kehandalan mesin bubut CNC sangat tepat. CMM memiliki tingkat akurasi dan efisiensi yang tinggi. Hal ini dapat mengurangi kesalahan dalam pengukuran


Hubungi Kami

 ALAMAT :
  Klaster Teknologi Produksi, Maritim dan Transportasi
Kawasan PUSPIPTEK
Tangerang Selatan,
Banten - 15314, Indonesia
 
 KANTOR :
  Lt.2, Gd. Teknologi 2 BPPT No. 251
 
 WORKSHOP / LAB :
  Gd. Balai Teknologi MEPPO-BPPT No. 250

Statistik Pengunjung

Hari ini20
Kemarin89
Minggu ini265
Bulan ini1967
Total83312