Selamat datang di BTMEPPO - BPPT (Balai Teknologi Mesin Perkakas, Produksi dan Otomasi - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)
 
BTMEPPO adakan Pengujian dengan Alat Ukur Laser Interferometer

BTMEPPO adakan Pengujian dengan Alat Ukur Laser Interferometer

Salah satu layanan yang diberikan BTMEPPO adalah Pengujian Ketelitian Pemosisian yang menggunakan alat ukur Laser Interferometer. Beberapa paramter yang bisa dilakukan dengan pengukuran yang adalah,...

BTMEPPO adakan Audit Internal Periode Bulan Juni 2019

BTMEPPO adakan Audit Internal Periode Bulan Juni 2019

BTMEPPO mengadakan audit internal secara rutin setiap bulan untuk menilai dan melaporkan kesesuaian dan pelaksanaan yang efektif dari sistem manajemen laboratorium sesuai dengan ISO / IEC 17025.Pada...

Peningkatan Kompetensi sesuai dengan ISO 17025 BTMEPPO adakan Workshop Laser Interferometer

Peningkatan Kompetensi sesuai dengan ISO 17025 BTMEPPO adakan Workshop Laser Interferometer

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan Tim Teknis Akreditasi KAN ISO 17025 adalah untuk meningkatkan kompetensi personil pelaksana pengujian adalah Workshop Pengoperasian Alat Ukur Laser...

BTMEPPO Kembangkan Mesin Kemas Plastik Otomatis

BTMEPPO Kembangkan Mesin Kemas Plastik Otomatis

Produk-produk hasil pertanian seperti sayur-sayuran sebelum masuk dalam market perlu dikemas terlebih dahulu untuk menjaga kehigienisannya.  Jenis kemasan yang banyak digunakan saat ini adalah...

Pembuatan Prototipe Peringatan Dini Tsunami - Buoy Merah Putih

Pembuatan Prototipe Peringatan Dini Tsunami - Buoy Merah Putih

Pembuatan Prototipe Peringatan Dini Tsunami - Buoy Merah Putih Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi telah mengembangan teknologi peringatan sistem dini tsunami pada tahun 2007. Pengembangan...

BTMEPPO Kembangkan Mesin Induk CNC Vertikal Pembuat Mesin CNC

BTMEPPO Kembangkan Mesin Induk CNC Vertikal Pembuat Mesin CNC

Produksi mesin CNC membutuhkan suatu perangkat produksi berupa mesin perkakas besar yang disebut dengan mesin induk, yaitu mesin CNC yang akan memproduksi mesin CNC lainnya. Adanya mesin induk...

  • BTMEPPO adakan Pengujian dengan Alat Ukur Laser Interferometer

    BTMEPPO adakan Pengujian dengan Alat Ukur Laser Interferometer

  • BTMEPPO adakan Audit Internal Periode Bulan Juni 2019

    BTMEPPO adakan Audit Internal Periode Bulan Juni 2019

  • Peningkatan Kompetensi sesuai dengan ISO 17025 BTMEPPO adakan Workshop Laser Interferometer

    Peningkatan Kompetensi sesuai dengan ISO 17025 BTMEPPO adakan Workshop Laser Interferometer

  • BTMEPPO Kembangkan Mesin Kemas Plastik Otomatis

    BTMEPPO Kembangkan Mesin Kemas Plastik Otomatis

  • Pembuatan Prototipe Peringatan Dini Tsunami - Buoy Merah Putih

    Pembuatan Prototipe Peringatan Dini Tsunami - Buoy Merah Putih

  • BTMEPPO Kembangkan Mesin Induk CNC Vertikal Pembuat Mesin CNC

    BTMEPPO Kembangkan Mesin Induk CNC Vertikal Pembuat Mesin CNC

Pembuatan Prototipe Peringatan Dini Tsunami - Buoy Merah Putih

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi telah mengembangan teknologi peringatan sistem dini tsunami pada tahun 2007. Pengembangan sistem peringatan dini tsunami dilakukan secara berkelanjutan hingga menghasilkan prototipe generasi ke 4. Pada tanggal 10 April 2019 prototipe generasi ke 4 atau sering disebut buoy merah putih telah dilakukan deploy dilokasi selat sunda tepatnya di anak gunung krakatau. Buoy tersebut diletakan di sekitar 5 km dari anak gunung krakatau atau  ± 100 km dari garis pantai terdekat dengan kedalaman laut  ± 300 m. Proses pembuatan buoy tersebut telah melewati serangkaian proses desain, simulasi numerik hingga pengujian skala model yang secara keseluruhan dilakukan oleh satuan kerja yang berbeda di BPPT.

BT MEPPO - BPPT mempunyai tugas dalam pengembangan sistem produksi dalam rangka pembuatan skala prototipe sistem peringatan dini tsunami generasi ke-4. Sistem tersebut terdiri dari :

  1. Pengapung ( Surface Buoy )
  2. OBU ( Ocean Buttom Unit )
  3. Pemberat ( Anchor )

 

                                    

  sumber : https://www.ndbc.noaa.gov/dar                     sumber : https://www.bppt.go.id

 

Pada Gambar 1 dapat dilihat sistem komunikasi yang dikembangkan pada sistem peringatan dini tsunami generasi ke 4.

Pengapung ( Surface Buoy )

Sistem pengapung  ( surface buoy ) berfungsi untuk mengirimkan informasi ke satellite berupa serangkaian data yang diteruskan ke pusat data informasi dalam hal ini adalah BMKG. Secara bersamaan pengapung (surface buoy) juga melakukan penukaran data secara bi-directional accustic telemetry dengan OBU ( Ocean Buttom Unit ) yang letaknya ada di dasar laut. Pengapung (surface buoy) terdiri dari serangkaian mekanisme pengapung, transduser, tenaga battrai, dan sistem kominikasi dan GPS.

OBU ( Ocean Buttom Unit )

Ocean Buttom Unit ( OBU ) terdiri dari akustik tranduser yang terpasang pada sumber tenaga battrai yang dirangkai pada konstruksi mekanik yang pada bagian bawahnya dipasang pemberat agar membantu saat proses deploy dan juga untuk menjaga posisi OBU agar tidak bergeser. OBU juga memungkinkan untuk dapat ditarik kembali ke permukaan untuk proses perawatan battrai saat dibutuhkan.

Pemberat ( Anchor )

Sistem pemberat terdiri dari serangkaian plat besi dengan kebutuhan berat minimal 2 Ton yang berfungsi untuk menahan pengapung (surface buoy) agar tidak terjadi pergeseran lokasi. Tali nylon khusus digunakan untuk memegang pengapung (surface buoy)  dengan pemberat (anchor) yang memungkinkan pengapung (surface buoy) untuk bergerak dinamis.

Sistem Produksi – BT MEPPO

Sistem produksi yang dilakukan oleh BT MEPPO terdiri dari serangkaian proses pengelasan, proses permesinan, penjadwalan (PPIC), manajemen rantai pasokan, hingga desain produksi yang murah dan efektif.

Proses pengelasan

Hampir 80 % material logam menggunakan baja tahan karat SUS 316 yang mana memerlukan penanganan khusus terhadap proses pengelasan. Teknik pengelasan menjadi teknologi kunci dimana sumber karat karena air laut akan mudah berkembang dimulai pada bagian yang teroksidasi. Teknik pengelasan dan pemilihan elektroda las menjadi teknologi yang sangat mempengaruhi hasil kekuatan dan ketahanan karat. Komponen pemegang tranduser dan batrrai pada OBU adalah salah satu aplikasi pengelasan yang sangat rumit. Bantuk nya cukup sederhana, material yang digunakan pipa stainless steel SUS 316 diameter 4 inch schedule 40, dengan spesifikasi mampu menahan benturan (impact).

      

Proses permesinan

Proses permesinan terdiri dari pemilihan cutting tools, sistem pendinginan, penentuan kecepatan potong yang secara keseluruhan sangat dipengaruhi oleh raw material. Ada 3 jenis material yang dilakukan pada proses permesinan yaitu material stainless steel SUS 316, material besi S50C, polymer jenis nylon, teflon, dan evafoam. Faktor kompleksitas bentuk akan mempengaruhi kerumitan dalam proses pemprograman G-Code, Bentuk yang paling rumit terdapat pada komponen dome iridium yang berbentuk menyerupai setengah bola dengan ketebalan hanya sekitar 10 mm dengan material nylon. Karena fungsinya untuk dilewati signal, bentuk dan ketebalan menjadi sangat penting.

  

PPIC (Production Planning and Inventory Control)

PPIC ( Production Planning and Inventory Control ) adalah bagian dari proses produksi yang berfungsi untuk mengontrol stok raw material untuk dilakukan proses permesinan dan mengendalikan rangkaian proses produksi agar berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Proses nya diawali dari target deploy yang telah ditetapkan, dilanjutkan dengan menyusun rencana kebutuhan material dan cutting tools, kemudian dilakukan optimasi penggunaan mesin perkakas serta menganalisis kebutuhan sumber daya untuk penyesuaian beban kerja.       

Manajemen Rantai Pasokan ( Chain Supply Management )

Pembuatan sistem peringatan dini tsunami generasi ke 4 banyak melibatkan industri permesinan berbasis UKM dan bengkel pengelasan tersertifikasi. Biasanya industri/ bengkel tersebut mempunyai jadwal produksi yang berbeda sehingga membutuhkan koordinasi yang bagus untuk memastikan komponen dapat terpasang dengan waktu yang tepat dengan disesuaikan dengan jadwal proses pengelasan. Hal tersebut juga berlaku pada supplier material dengan jadwal waktu pengiriman yang berbeda.

DFMA ( Desain for Manufacture and assembly )

Dalam proses pembuatan desain produksi perlu mempertimbangkan kualitas hasil produksi dengan waktu produksi yang paling singkat serta biaya yang rendah. Aplikasi dalam kasus dilapangan adalah perubahan dalam pembuatan komponen mekanik OBU. Perubahan yang signifikan adalah menganti material hollow menjadi material pipa. Keuntungan dari pengantian desain pipa akan memperoleh kekuatan yang lebih baik dengan berat material yang optimal. Dengan menggunakan komponen sambungan pipa seperti t-slot dan elbow akan mempersingkat waktu proses perakitan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Video RB

Rubrik RB

Sertifikasi

 BT MEPPO sebagai pusat unggulan Teknologi Mesin Perkakas, Produksi & Otomasi sejak tahun 2013 telah mendapatkan sertifikat ISO 17025 sebagai laboratorium  terakreditasi untuk pengujian dengan ruang lingkup uji ketelitian pemosisian, uji ketelitian pemotongan,  uji ketelitian gerakan melingkar, dan uji optik 3D. Pengujian adalah penentuan satu atau lebih karakteristik dari suatu obyek penilaian menurut prosedur. Prosedur: cara tertentu untuk melaksanakan suatu kegiatan atau proses . “Pengujian” biasanya berlaku untuk bahan, produk atau prosessuaian, menurut prosedur”.

Company Profile BPPT

Hubungi Kami

Alamat :
Klaster Teknologi Produksi, Maritim dan Transportasi
Kawasan PUSPIPTEK
Serpong Tangerang Selatan,
Banten - 15314, Indonesia


Office :
Gd. Teknologi 2 BPPT No. 251 Lt. 2

Workshop dan Lab :
Gd. Balai Teknologi MEPPO-BPPT No. 250

Statistik Pengunjung

Hari ini21
Kemarin92
Minggu ini853
Bulan ini4800
Total39957